Croatia

Piala Dunia 2018 Milik Perancis, Selamat!!

fra

Sumber gbr : https://www.telegraph.co.uk

Piala dunia 2018 akhirnya selesai, dengan Perancis sebagai kampiunnya. Setelah berhasil mengalahkan Kroasia di final dengan skor meyakinkan 4-2. Adapan gol Perancis didapat melalui gol bunuh diri Mandzukic, Griezmann, Mbape dan Pogba. Sementara gol hiburan untuk Kroasia dilesahkan Perisic dan Mandzukic yang memanfaatkan kesalahan kiper.

Sepanjang pertandingan Kroasia menekan pertahananan Perancis. Namun solidnya pertahanan Le Blues menyusahkan Kroasia membobol gawang Loris. Perancis lebih banyak menggunakan strategi serangan balik (menurut saya), dan itu cukup berhasil. Terbukti mereka berhasil membobol gawang Kroasia sebanyak 4 kali.

Perjalanan Perancis ke babak final tergolong susah, karena tergabung pada bagan yang diisi oleh negara-negara kuat langganan piala dunia dan juga favorit juara, seperti Uruguay, Portugal, Brazil Argentina, Meksiko, Jepang, dan Belgia.

Pada babak Grup Perancis berhasil meraup 7 poin dengan memenangkan 2 partai dan 1 seri di grup. Sementara di babak 16 besar sampai final, Perancis sekalipun tidak pernah bertanding sampai babak tambahan 2×15 menit. Mereka selalu berhasil menyudahi pertandingan dengan kemenangan selama 90 menit. Ini membuktikan bahwa mereka konsisten dengan cara bermain dan punya mental juara yang cukup kuat sejak babak grup dimulai.

Sementara Kroasia sedikit berbeda. Kokoh di fase grup dengan menorehkan 3 kemenangan termasuk saat menghadapi Argentina, tapi mulai agak sedikit melempem mulai babak 16 besar. Dibabak 16 besar, Kroasia menentukan langkah ke babak 8 besar dengan memenangkan babak adu pinalti berhadapan dengan Denmark.

Dibabak 8 besar mereka juga lagi-lagi harus mengikuti adu tos-tosan menghadapi tuan rumah, Rusia. Dibabak semifinal Kroasia terpaksa harus bermain sampai 120 menit, meski memang saat itu menang 2-1 atas Inggris. hingga akhirnya harus rela ditaklukan Perancis di partai final. Itu membuktikan bahwa Kroasia mempunyai mental yang kuat saat fase grup tapi tidak dibabak gugur.

Selamat buat timnas Perancis atas juara dunianya. Hasil memang tidak akan menghianati proses/ perjuangan. Semoga bisa dipertahankan pada gelaran piala dunia berikutnya dan menciptakan sejarah juara back to back pertama. Ditunggu performa selanjutnya di EURO 2020.

Iklan

1 reply »

  1. Kroasia dan Perancis mmang lyak brada di final. Sbnarnya sy jg mnjagokan keduanya. Tp saat mreka bertemu di final, sy mmang lbih mengunggulkan Perancis. Dan btul, Perancis juaranya.

    Btw, Ucok gak tebak2an dg tmnnya ya wktu itu, ttg juara pildun kmrin dulu itu?

    Suka

Berkomentarlah dengan bijak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.