Healthy

Kenali Gejala Stroke dan Cegah Sejak Dini

What-is-a-Stroke

sumber gbr : dailyhealthpost.com

Hari ini (28/5) kebetulan ada sebuah majalah di meja ku. Majalahnya itu ternyata punya Menpan RB, judulnya “Layanan Publik, Edukatif & Inspiratif”. Sambil lihat-lihat sekilas isinya saya mendapati sebuah artikel yang sangat bermanfaat buat kita. Tidak ada salahnya jika saya menuliskan ulang ringkasan artikel tersebut untuk dapat menjadi bahan sharing buat kita semua.

 

Stroke merupakan salah satu penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan kemlumpuhan bagi penderitanya. Penyakit ini disebabkan oleh terputusnya pasokan darah ke otak akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah,dan kurangnya asupan oksigen ke otak. Mendeteksi stroke sejak dini merupakanlangkah awal mencegah penyakit tersebut. Penyakit stroke saat ini tidak hanya menyerang yang telah lanjut usia, namun seseorang yang masih tergolong muda pun dapat terserang penyakit ini.

Menurut Andrew Russman, DO, neurologis dan spesialis perawatan stroke Clevelan Clinic, beberapa studi menunjukkan secara keseluruhan angka kasus stroke mengalami penurunan, namun terjadi peningkatan di kalangan usia muda walaupun bukti-bukti yang ada masih sedikit.

Berdasarkan laporan  The Collaborative Group for the Study of Stroke in Young Women, pil KB dapat meningkatkan risiko stroke jika diminum oleh perempuan yang memiliki darah tinggi atau migran, apalagi jika perempuan tersebut perokok berat. Hal ini disebabkan karena pil kontrasepsi dapat mengubah agregasi platelet, sehingga meningkatkan aktivitas antitrombin III dan mengakibatkan pembekuan pada tingkat tertentu.

Pada usia lanjut, stroke lebih banyak diakibatkan oleh penyumbatan di jantung atau pembuluh darah. Pada orang muda, penyebab umum adalah masalah kardiogenik dan penggunaan obat-obatan terlarang. Stroke pada usia kurang dari 45 tahun perlu pendekatan dan pengobatan yang berbeda dari stroke di usia tua. Obesitas pada usia anak dan remaja dapat meningkatkan risiko stroke seumur hidup.

Diagnosa stroke dapat diketahui dari pemeriksaan fisik oleh dokter. Diagnosa yang lebih pasti dapat dilakukan pemeriksaan dengan alat CT Scan otak. Metode ini dapat dilakukan di rumah sakit dan digunakan sebagai salah satu cara untuk mendeteksi jenis stroke  dan menentukan lokasi di otak yang terserang stroke.

Alangkah baiknya jika kita mengetahui ciri-ciri gejala stroke sehingga dapat dilakukan tindakan cepat dan tepat sebelum hal buruk terjadi.

  • Rasa lemah dan mati rasa mendadak pada wajah, lengan dan kaki pada salah satu tubuh.
  • Kehilangan penglihatan pada salah satu mata atau penglihatan jadi gelap dan kabur.
  • ditemukan bercak darah di mata.
  • mengalami kesulitan berbicara dan kurang memahami pembicaraan.
  • sakit kepala yang hebat secara mendadak tanpa diketahui penyebab yang pasti dan bahkan menyebabkan terjatuh.

Penanganan untuk penderita stroke umumnya dilakukan terapi fisik untuk memancing sistem kerja otot agar pulih kembali. Kebutuhan nutrisi yang seimbang harus tercukupi, asupan buah-buahan dan sayuran segar sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.

Pencegahan dini yang dapat dilakukan diantaranya :

  • Memeriksakan kesehatan, termasuk periksa gula darah, kolesterol dan kardiovaskular.
  • menghindari gaya hidup tidak sehat
  • mengatur pola makan dengan baik
  • olahraga teratur, dan
  • pertahankan berat badan ideal.

Ingat sehat itu tidak mahal, yang mahal itu sebenarnya sakit. Karena kalau kita sakit biaya untuk kembali seaht itulah yang membuat mahal, jadi lebih baik kita menjaga kesehatan dari sekarang.

Semoga artikel repost ini bermanfaat buat kita semua.

sumber : majalah Layana Publik, Kemenpan RI
Iklan

Kategori:Healthy, Pengetahuan

Tagged as:

Berkomentarlah dengan bijak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.