(Travel) Hari Pertama: Jakarta-Solo-Ponorogo

Hari ini (5/1) memulai perjalan pertama ditahun 2018. Destinasi yang akan dituju adalah Kota Solo. Sebenarnya bukan mau berlibur ke Solo, tetapi untuk menghadiri undangan pernikahan teman kantor, di Ponorogo.

Terbang menggunakan Citilink QG 164 ke Solo, perjalanan aman dan lancar tanpa gangguan cuaca. Setibanya di Solo, langsung melanjutkan perjalanan mencari Masjid agar teman-teman yang muslim melaksanakan Jumatan. Perut keroncongan dan perlu untuk diisi makanan, kami bergegas menuju warung makan “SOTO SEDAP BOYOLALI Hj. WIDODO”.

Katanya soto ini terkenal, sudah banyak juga para selebritas yang makan di soto sedap ini. Sotonya segar, rasanya pas. Kita tinggal pilih soto apa, soto dicampur atau tidak. Selain soto ayam, soto daging ada juga jenis sate. Diantaranya sate cingur sapi, sate paru sapi, sate otak sapi, sate ati ampela, sate telur puyuh dan juga tidak ketinggalan gorengan dan perkedel. Untuk harga relatif murah berkisar antara Rp. 6.000 – Rp. 10.000 per porsinya. Kalau ke Solo harus mampir kesini, alamatnya di Jl. RM. Said 131, Depan Batik Semar, Pasar Nongko, Solo.

Menempuh perjalanan sekitar 3-4 jam akhirnya tiba juga di Ponorogo. Bergegas menuju ke kamar masing-masing untuk istirahat. Pukul 19.00 wib kami pergi untuk menikmati sate khas Ponorogo. Kami memilih tempat sate bernama “Haji Tukri Sobikun” yang berada di Jl. Lawu, Gang Sate, Nologaten, Ponorogo.

Sate Ponorogo itu terkenal dengan tusukan-tusukannya besar, bumbu kacangnya enak sekali. Porsinya juga banyak. Satu porsinya ada 10 tusuk besar-besar ditambah dengan lontong juga.

Pilihannya ada 2, sate ayam hanya dagingnya saja, atau bisa sate campur. Sate campurnya berisi jeroan, ati ampela, kulit dan daging. Untuk 1 porsi satenya dikisaran harga Rp. 32.000,- Satenya empuk, gampang digigit dan dikunyah. Kalau berkunjung ke Ponorogo, harus coba sate ayamnya. Untuk keluarga besar cocoklah kalau makan ditempat ini.

Malam ini ditutup dengan mencari ole-ole tapi lupa dimana alamatnya tadi. Aku hanya membeli dodol (2), permen, dan Pisang saleh. Badan sudah lelah, karena seharian lebih banyak diperjalanan. Kami pun kembali ke penginapan untuk istirahat, dan tulisan ini pun berakhir disini untuk hari ini. Sampai bertemu ditulisan berikutnya.

Iklan

One thought on “(Travel) Hari Pertama: Jakarta-Solo-Ponorogo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s