Awas Gunung Agung Meletus

Jangan cuma baca judulnya saja dan jangan cuma baca berita sekilas saja. Beberapa minggu yang lalu saya memuat tulisan tentang Turn Back Hoax bagaimana kita harus menyikapi suatu berita palsu. Tapi baru-baru ini sudah muncul kembali berita-berita hoax tentang Gunung Agung di Bali. Seiring dengan meningkatnya aktivitas Gunung Agung membuat ada oknum yang tidak bertanggung jawab membuat berita hoax tentang Gunung Agung yang akan meletus pada tanggal 24 September 2017 malam. Entah dari mana mereka mendapatkan sumber itu dan dengan percaya dirinya menyebarkan informasi tersebut.

Kasihan mereka para masyarakat disana, dalam keadaan seperti ini mereka juga mendapatkan berita yang belum jelas kebenarannya. Bisa saja berita ini menambah kepanikan. Seharusnya mereka jangan ditambah lagi beban, sebaiknya kita sama-sama bantu mereka. Kalau tidak sanggup dengan materi, kita doakan saja keselamatan mereka dan jangan menyebarkan berita hoax.

Hoax

sumber gambar : Group WA

Seperti diatas kira-kira berita hoax yang ada dan sudah tersebar saat ini.

Update Status Gunung Agung

Menanggapi beredarnya isu bahwa Gunung Agung akan meletus malam ini, kami dari PVMBG tidak dapat memastikan kebenarannya karena ramalan tersebut dilakukan dengan menggunakan pendekatan yang berbeda dengan apa yang dilakukan oleh PVMBG. PVMBG melihat tanda-tanda aktivitas gunungapi yang terekam secara visual maupun instrumental. Analisis terakhir PVMBG mengindikasikan bahwa energi kegempaan vulkanik Gunung Agung terus meningkat dan memiliki potensi untuk meletus. Namun demikian, baik PVMBG maupun seluruh ahli gunungapi di dunia, belum ada yang mampu memastikan kapan letusan akan terjadi.

Terima kasih
Kasbani
PVMGB, KESDM

Secara resmi PVMBG sudah menyampaikan pernyataan terkait hoax tersebut. Jadi diharapkan kepada masyrakat di Bali dan sekitarnya agar tidak panik dan tidak menanggapi serius berita hoax tersebut.

Untuk masyarakat sekitar Gunung Agung dan masyarakat Bali, sebaiknya segera mencari informasi yang jelas, ikuti segala petunjuk dari para relawan yang sudah ada disana, segera mengungsi ke tempat-tempat pengungsian, bawalah barang-barang yang sepatutnya dibawa. Kita tidak tahu kapan Gunung Agung akan meletus. Lebih baik mengambil tindakan yang tepat dengan cara mengungsi supaya tidak ada korban akibat letusan Gunung Agung jika suatu saat nanti meletus.

Untuk perkembangan informasi tentang Gunung Agung, teman-teman bisa langsung lihat ke website resmi PVMBG di http://www.vsi.esdm.go.id/ dan juga di website resmi Badan Nasionan Penanggulangan Bencana (BNPB) di https://www.bnpb.go.id/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s