Bencana

Diorama Kebencanaan

Diorama Kebencanaan

Diorama Kebencanaan

Banyak hal yang dapat kita jadikan sebagai wadah untuk belajar. Belajar banyak hal dapat membantu kita dalam kehidupan sehari-hari. Begitu juga dengan belajar tentang kebencanaan. Negara kita Indonesia merupakan negara yang memiliki tingkat ancaman bencana yang cukup tinggi, mulai dari gempa bumi, banjir, gunung meletus, kekeringan dan masih banyak lagi. Dimana kita bisa belajar tentang kebencanaan?. Banyak media atau sumber-sumber yang dapat kita gunakan sebagai sarana pembelajaran tentang kebencanaan. Bisa dari internet, baca buku, TV dan bisa langsung berkunjung ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mempunyai sarana pembelajaran yang namanya “Diorama Kebencanaan“. Diorama ini banyak menampilkan hal-hal yang berhubungan dengan kebencanaan, sebenarnya sih menurut saya diorama ini bisa dibilang sebagai museum mini kebencanaan. Jika kita berkunjung ke diorama ini kita bisa menambah pengetahuan kita tentang kebencanaan. Disini kita akan dipandu oleh teman-teman yang ahli dibidangnya. Mereka akan menjelaskan semua yang ada di diorama tersebut. Mulai dari bagaimana sebuah bencana itu bisa terjadi, cara mengurangi resiko bencana, dan lain-lain.

WhatsApp Image 2017-09-19 at 10.04.17

Informasi tentang Kekeringan

Gambar diatas salah satu contoh yang membahas tentang kekeringan. Mulai dari artinya, gejala terjadinya dll.

WhatsApp Image 2017-09-19 at 10.04.15(1)

Informasi tentang Banjir

25

Maket-maket Kebencanaan

WhatsApp Image 2017-09-19 at 10.04.14(1)

Informasi tentang gempa bumi

Sebenarnya masih banyak lagi sih informasi-informasi lainnya, tapi lebih bagus lagi kalau teman-teman bisa langsung datang berkunjung ke diorama kebencanaan ini. Dimana Lokasinya? nah untuk lokasinya teman-teman bisa datang ke Pusat Data Informasi dan Humas BNPB,Graha BNPB lantai 11 & 12 di jalan Pramuka Raya kavling 38, Jakarta Timur. Gedung ini persis disebelah LIA Pramuka. Kalau teman-teman naik busway (transjakarta) bisa langsung turun di halte pramuka lia. Untuk jam berkunjung bagamaina? nah kalau untuk jam berkunjung, teman-teman bisa datang berkunjung di jam kerja, mulai dari hari Senin s.d Jumat Pukul 08.00 – 16.00 wib. Tenang kalau teman-teman berkunjung tidak akan dipungut biaya apapun alias gratis, karena memang diorama kebencanaan ini ditujukan untuk masyarakat umum.

Oh iya sedikit tambahan, kalau ada rombongan seperti anak sekolah, yayasan, perguruan tinggi yang ingin berkunjung, biasanya harus ada pemberitahuan dulu ke pihak BNPBnya ya teman-teman melalui surat. Apa tujuannya? supaya nanti personil untuk diorama ini bisa dibagi kedalam beberapa tim, dan juga supaya disiapkan untuk hal-hal yang berkaitan dengan kunjungan tersebut. Suratnya bisa langsung ditujukan ke alamat yang sudah tertera di atas yang teman-teman.

Nah semoga informasi singkat ini bisa bermanfaat buat teman-teman sekalian. Jangan lupa berkunjung ya. Mulai sekarang kita sudah harus sadar terhadap bencana. Daripada keluyuran gak jelas, mendingan datang ke tempat-tempat yang bermanfaat seperti Diorama Kebencanaan. Oke oke oke oke. 😀

Terimakasih sudah mau mampir.

Salam

Iklan

Berkomentarlah dengan bijak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.