Google

TURN BACK HOAX

Pemberitaan palsu (bahasa Inggris: hoax) adalah informasi yang sesungguhnya tidak benar, tetapi dibuat seolah-olah benar adanya. Begitulah kira-kira artinya menurut “https://id.wikipedia.org“. Penggunaan media sosial sekarang ini cukup membantu penyebaran hoax. Banyak sekali muncul akun-akun baru yang ditujukan untuk penyebaran hoax, dan bahkan ada yang sudah menggunakannya sebagai lahan bisnis untuk medapatkan uang. Miris bukan, mereka menggunakan berita-berita yang tidak jelas kebenarannya hanya semata-mata untuk mendapatkan uang secara cepat. Ya mungkin mereka tahu apa resiko dari perbuatan mereka. Bukan hanya untuk mereka tapi juga orang-orang yang mendapatkan berita palsu itu. Kalau orang-orang yang susah update informasi mungkin akan cepat mempercayai berita palsu tersebut.

Bahaya penyebaran hoax ini bisa berdampak kepada perpecahan, menimbulkan kesalahpahaman dan dapat merugikan kita-kita. Sebelum menyebarkan sebuah informasi yang belum jelas kebenarannya, ada baiknya hal pertama yang kita lakukan adalah mencari tau dahulu sumber dari informasi tersebut. Setelah itu cek kebenaran informasi tersebut. Jika sudah akurat informasi itu sudah benar, baru bisa disebarkan.

Jika teman-teman sering menerima “Hoax“, teman-teman bisa melaporkannya langsung ke Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Caranya? gampang kok, teman-teman hanya perlu melakukan hal berikut :

  1. Screen Capture berita Hoax yang teman-teman dapat.
  2. Menyertakan url link dari berita hoax
  3. Kirimkan data tersebut melalui email ke aduankonten@mail.kominfo.go.id

Informasi dari teman-teman akan segera diproses oleh pihak Kominfo. Data-data diri dari sipelapor akan di jaga kerahasiaannya oleh pihak terkait, jadi jangan takut ya untuk melapor. Ini semua untuk kebaikan kita bersama kok. OK?

TURN BACK HOAX !!!

Iklan

Kategori:Google, masalah, Pengetahuan, Tips

Tagged as: , ,

1 reply »

Berkomentarlah dengan bijak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.