Google

M A C E T

Macet, menurut https://kbbi.web.id macet/ma·cet/ a 1 tidak dapat berfungsi dengan baik (tentang rem, mesin, dan sebagainya); sendat; serat: rem mobilnya –; 2 ki terhenti; tidak lancar:, dan menurut wikipedia bahwa Kemacetan adalah situasi atau keadaan tersendatnya atau bahkan terhentinya lalu lintas yang disebabkan oleh banyaknya jumlah kendaraan melebihi kapasitas jalan.

Macet

Di Indonesia kemacetan bukanlah hal baru lagi. Hal ini sudah menjadi permasalahan yang cukup lama terjadi. Apalagi sekelas ibu kota negara (Jakarta), macet sudah menjadi pemandangan sehari-hari. Bukan hanya di jalan-jalan besar saja, bahkan untuk jalan-jalan kampung saja bisa terjadi macet. Pertumbuhan pengguna kendaraan bermotor juga sangat pesat di ibu kota kita ini. Tapi selain banyaknya pengguna kendaraan bermotor saat ini, ada beberapa faktor lain penyebab macet, antara lain parkir sembarangan, pasar tumpah, dan lain-lain.

Parkir sembarangan atau parkir menggunakan bahu jalan banyak kita temukan di jalan-jalan kota Jakarta. Keterbatasan lahan parkir sangat mempengaruhi hal ini terjadi. Banyak orang-orang yang parkir menggunakan bahu jalan karena berbagai alasan. Bisa karena tidak ada lahan parkir, parkiran jauh, dan lain-lain. Ditambah ada juga oknum yang memanfaatkan bahu jalan jadi lahan parkir untuk mendapatkan uang. Kalau kita parkir kendaraan (mobil) di bahu jalan, secara tidak langsung kita sudah mengurangi luas jalanan dan terjadilah macet. Tapi meskipun begitu tetap saja dilakukan.

Pasar tumpah. Pasar tumpah juga sering menggunakan bahu jalan bahkan kadang hampir menggunakan hampir setengah badan jalan. Seperti contoh kasus yang sering terjadi di sekitaran Pasar Pondok Gede, disitu pedagang beramai-ramai membuka lapak dagangan mereka. Memang sih tujuannya untuk mencari makan, tapi hanya saja penempatannya yang tidak tepat.

Kurangnya kemauan kita menggunakan kendaraan umum juga berpengaruh terhadap kemacetan. Kita lebih memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi dari pada transportasi umum. Memang sih transportasi umum di kota Jakarta belum semuanya menawarkan kenyamanan. Mungkin masih “Transjakarta” saja yang menurut saya sudah nyaman. Tapi marilah kita mulai menggunakan transportasi umum untuk mengurangi kemacetan.

Semoga kemacetan di Ibu Kota Indonesia kita ini bisa sedikit demi sedikit berkurang, dapat solusi yang dapat mengurangi kemacetan, semakin ditertibkannya parkir-parkir liar. Oh iya, semoga tidak ada lagi yang mengeluh macet-macet tapi tidak teratur (heheheh).

Terimakasih sudah berkunjung, mohon bantuan share, like, dan komennya. Jika ada kritik dan saran yang membangun, bisa dititipkan di kolom komentar ya. 😀

Iklan

Kategori:Google, Kota, Macet, masalah

Tagged as: , , ,

6 replies »

Berkomentarlah dengan bijak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.