Sedikit Curhat Sea Games 2017

2017_Southeast_Asian_Games_logo.svgSea Games ke-29 Tahun 2017 kali ini berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia. Negara tetangga dari Republik Indonesia. Ada sedikit hal yang menarik yang menurut saya layak untuk dibahas. Selain dari bagusnya pembukaan Sea Games ke-29 yang menurut saya cukup ‘wow’, karena menggunakan media-media yang sangat menarik dan mempertontonkan keindahan. Ini menunjukkan kesiapan panitia pelaksana untuk mempersiapkan serangkaian acara tersebut.

Tapi ada hal yang patut sangat disayangkan dari megahnya pembukaan Sea Games 2017 kali ini, yaitu insiden bendera terbalik yang dicetak di buku panduan Sea Games. Dalam buku panduan tersebut yang tercetak adalah bendera “Putih-Merah” yang merupakan bendera dari negara Polandia, tapi sementara yang tertulis di bawah gambar adalah “Indonesia”.

4067698917

Sontak ini memancing beragam reaksi masyarakat Indonesia terkait hal ini. Memang Pemerintah Malaysia melalui Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Malaysia sudah memintah maaf secara lisan kepada masyarakat Indonesia atas insiden tersebut. Mereka berjanji untuk menarik semua buku-buku panduan sea games, untuk dicetak ulang dan diperbaiki dan kemudian didistribusikan kembali kepada masing-masing kontingen. Jika dicermati lagi sebenarnya apa mereka dulu saat mendesain buku itu tidak ada yang namanya Cross Check Final dari draft yang mereka buat untuk memastikan semua yang draft buku panduan itu sudah tepat atau memang langsung main cetak saja? Entahlah biar hanya mereka dan Tuhan saja yang tahu.

Untuk semua warga negara Indonesia, kecewa boleh itu hal wajar. Tapi ingat tetap dengan kepala dingin dan berpikir positif. Bapak Presiden kita sudah menganjurkan untuk tidak berlibahan menanggapi hal ini. Kita tunjukkan kepada mereka kalau masyarakat Indonesia itu adalah orang-orang yang pemaaf.

Semoga kejadian kali ini hanya terjadi untuk kali ini saja, jangan sampai terjadi lagi untuk pelaksanaan even-even selanjutnya. Walalupun ada hal semacam ini saya berharap untuk semua atlet-atlet Indonesia supaya tetap semangat, terus berjuang untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah Sea Games Kuala Lumpur 2017 ini. Terus berjuang secara sportif dan fair.

Udah dulu ya curhatnya, sebenarnya masih banyak hal lain lagi sih tentang Sea Games kali ini. Semoga Indonesia juara. MERDEKA!!!!!!!!!!!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s